Rabu, 27 November 2019

makanan khas jawa tengah

Makanan Khas Jawa Tengah – Makanan khas memang begitu menggoda untuk dinikmati ketika kita berkunjung ke suatu daerah. Kurang afdol kalau udah tiba di suatu tempat tapi nggak nyobain makanan khas yang ada disana. Apa kata dunia ntar, udah datang ke tempat yang jauh tapi belum pernah merasakan makanan yang ada di sana.
Nah, kali ini tempat yang mau kita kunjungi ada di Jawa Tengah nih. Biar kamu tau apa aja makanan khas yang ada di sana, simak yuk beberapa makanan khas yang ada di Jawa Tengah. Kalau udah tau, nanti cobain deh pas kamu datang ke sana. Ngomong-ngomong soal Jawa Tengah, nggak cuma Semarang aja lho. Jawa Tengah itu banyak makanan khas nya lho, mari kita lihat makanan khas yang ada di sana.

1 Tahu Petis



masakan jawa tengah

Nah, kalau tadi lumpia sekarang ini makanan dari olahan tahu, yakni tahu petis. Makanan ini asli dari Semarang. Biasanya tahu petis ini digunakan untuk camilan atau kalau kamu mau nasi pakai makanan ini juga bisa lho.
Tahu petis ini bahannya tentu saja tahu, tahu goreng tepatnya. Dinamakan tahu petis karena tahu goreng ini ada siraman saus hitam yang namanya petis. Nah, petis ini terbuat dari dari kuah rebusan ikan atau udang yang dimasak terus sampai menjadi kental.

2.Telur Asin



jajanan tradisional jawa tengah

Telur yang rasanya asin ya ini, telur asin. Makanan yang berasal dari telur bebek ini terkenal di daerah Brebes, Jawa Tengah. Biasanya telur asin ini dimakanya sama nasi, tapi ada juga yang dimakan langsung gitu aja nggak pakai nasi.

3. Tempe Mendoan



masakan khas jawa tengah


Makanann yang satu ini sangat terkenal sekali di daerah Banyumas dan Purwokerto lho. Hampir di daerah Jawa Tengah ada makanan yang satu ini.Bahkan di sebagian warung yang ada di daerah Jawa Tengah sebagaian besar menjual gorengan tempe mendoan. Sampai sekarang orang Banyumas dan Purwokerto menyebut tempe yang digoreng tepung tapi sampai garing juga disebut mendoan.

4. Enting-Enting Gepuk



makanan tradisional jawa tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / masfikr.com

Tau makanan yang diiklanin di tv yang namanya ting-ti*g nggak? Nah, mungkin itu bentuk modern dari enting-enting gepuk. Kalau saya sih milih enting –enting nya. Enting-enting ini khasnya daerah Salatiga, Jawa Tengah.
Bahan intinya adalah kacang tanah yang dihaluskan kemudian dipadatkan. Tapi sebelumnya udah dicampur sama gula Jawa dulu biar semua menyatu menjadi satu (itulah indonesia).

5. Nasi Gandul, Makanan Khas Jawa Tengah



makanan khas daerah jawa tengah


Kalau kamu main ke Pati, jangan lupa mencicipi nasi gandul. Cara penyajian nasi gandul ini adalah menggunakan daun pisang. Beda kan? Rasa nasi nya itu lho lebih gurih dari nasi yang lainnya. Bahkan ada juga yang menambahkan daun pandan saat memasak nasi gandul ini, biar wanginya makin sedap dan tentu saja menggugah selera makan kita.
Nasi gandul ini paling enak kalau makannya langsung di kota Pati. Dengan kuah yang segar ditambah lauk berupa daging sapi yang sudah diolah tentu akan menjadi pelengkap yang makin membuat nasi gandul ini menjadi lebih lezat.

6. Nasi Liwet



masakan tradisional jawa tengah
Makanan Khas Jawa Tengah / masfikr.com

Lain tempat lain pula namanya, kalau tadi nasi gandul, sekarang nasi tiwel. Makanan dari nasi ini asalnya dari kota Solo, bedanya sama nasi gandul mungkin penyajianya sama bahan pelengkapnya. Nasi liwet ini disajikan dengan potongan ayam dan kadang pakai labu siam juga.
Masak nasi liwet ini hampir sama kayak bikin nasi uduk biasanya. Pertama masak beras dengan santan dari kelapa yang sudah tua biar ada rasa gurih-gurih nya. Kalau main ke Solo, nggak ada salahnya cobain makanan yang satu ini.

7. Rondo Royal



makanan jawa tengah


Nah, kalau makanan satu ini namanya agak nyentrik yakni rodo royal. Nggak tau sih apa maksud nya kok dikasih nama rondo royal, padahal rondo itu artinya janda lho. Makanan ini berasal dari daerah Jepara, bahannya adalah tape singkong. Oalaaah, tape goreng ternyata, hahaha, memang tape goreng nih.
Jadi tape dimasukkan ke adonan tepung kemudian digoreng, jadi deh rondo royal nya. Buat kamu yang pengen nyicipin makanan yang satu ini, dari pada jauh-jauh ke Jawa Tengah, bisa buat sendiri aja. Kalau nggak beli di tukang gorengan aja, siapa tau adah tuh.

8. Soto Kudus, 



menu masakan jawa tengah

Makanan yang satu ini adalah soto Kudus yang berasal dari daerah Kudus, Jawa Tengah pastinya. Bedanya soto Kudus dari soto yang lain adalah penyajiannya menggunakan mangkok kecil. Selain itu, soto kudus ada banyak versi nya nih, ada yang pakai daging kerbau atau daging ayam. kalau kamu ingin tau rasa sensasinya makan daging kerbau itu kayak apa, datang aja ke Kudus. Dan cobain deh soto Kudus yang pakai daging kerbau, rasakan sensasinya.

sumber:https://sahabatnesia.com/makanan-khas-jawa-tengah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar