Rabu, 27 November 2019

Makanan -makanan khas medan

MAKANAN KHAS MEDAN – Kota Medan terkenal dengan sebutan Tanah Deli sejak masa penjajahan Belanda, yang bermula perkampungan kecil Medan Putri dan telah dibuka oleh seorang guru bernama Patimus Merga Sembiring Pelawi.
Dahulu kepopuleran dengan nama Tanah Deli mulai dari Sungai Ular (Deli Serdang) sampai ke Sungai Wampum di angkat. Setelah masa kemerdekaan populer nama Tanah Deli menyurut dan hampir tidak terkenal, dan orang-orang mulai mengenal Medan.
Dimedan mayoritas penduduknya berasal dari Kerajaan Batak atau keturunan orang Batak, maka identik Kota Medan juga populer dengan Kota Batak. Penduduk Medan sebagian besar suku menyebar/merantau di hampir setiap daerah dengan sebutan khasnya orang Batak.Meskipun Medan itu berada ada di bagian Utara Pulau Sumatera, kamu tetap harus cobain makanan khas dari tempat tersebut. Karena, rugi banget deh kalau kamu belum pernah nyobain salah satu makanan yang ada di Medan. Jangan sampai ketinggalan yaa untuk mencicipi makanan khas dari Kota Medan ini.



1. Bika Ambon, Kue Khas Medan

oleh oleh khas medan


Banyak orang mengira lho kalau itu asalnya dari Ambon, Maluku. Padahal, makanan ini merupakan salah satu khas dari Kota Medan. Tapi kok namanya bika Ambon yaa? Belum tahu juga tuh kenapa kok namanya bisa bika Ambon.
Nah, bika ambon merupakan kue dengan warna kuning dan permukaanya terdapat lubang-lubang kecil. Kamu bisa merasakan nikmatnya bika ambon saat masih hangat gays.
Rasanya itu beda, ada hangat-hangatnya gitu deh, hehe. Tapi memang benar beda lho, walaupun makan bika ambon saat sudah dingin tetapi rasanya gak bakal hilang kok rasanya juga enak. Tapi makan bika ambon hangat itu jauh lebih enak, cobai deh kalau tidak percaya.

2. Durian Medan

kuliner medan

Kamu pasti tahu dengan buah yang satu ini, durian. Buah dengan aroma menyengat yang akan memberikan kenikmatan rasa yang sangat nikmat saat memakannya.
Buah ini sangat istimewa lo, oleh karena itu buah ini harganya juga lumayan cukup mahal dari pada buah lainnya. Nah, kalau kamu berkunjung ke Kota Medan, jangan lupa mencicipi buah durian yang ada di Kota Medan ini.

3. Bolu Merantai, Oleh Oleh Khas Medan

kuliner khas medan


Makanan bolu dari Medan ini memiliki berbagai farian rasa yang bisa kamu coba. Ada 6 rasa yakni kacang, keju, nanas, stroberi, dan mocca. Bahkan, kalau kamu mau makan bolu yang gurih, ada juga tuh bulu rasa abon ayam. Kalau saya sihh suka yang rasa kacang gays.
Kalau kamu berkujung ke Medan lalu bingung mau beli oleh-oleh apa, coba saja bolu meranti ini. Udah banyak kok wisatawan yang menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarga dirumah. Kamu bisa menentukan bolu ini di daerah Jalan Kruing Medan atau Jalan Sisingamangaraja.

4. Soto Medan

masakan khas medan

Hampir disetiap daerah Indonesia memiliki soto khasnya masing-masing. Ada soto betawi, soto lamongan, soto kudus, dan soto-soto lainnya.
Di Medan ternyata juga ada lho makanan soto yang menjadi khas di kota tersebut, namanya adalah soto Medan. Meskipun sama-sama soto, tetapi soto medan mempunyai satu cita rasa yang berbeda dengan soto lainnya.
Kalau saya sihh sangat suka dengan soto medan karena rasanya yang sangat berbeda dan enak sekali gays. Cobain dehh kalau gak percaya.

5. Pancake Medan, Cemilan Khas Medan

cemilan khas medan
Makanan Khas Medan / anekatempatwisata.com
Walaupun pancake merupakan salah satu makanan dari luar negeri, tapi Medan ini menjadi salah satu makanan favorit. Ada banyak rasa yang bisa kamu cobain, salah satunya adalah rasa durian . Hmm, kamu penasaran bagaimana rasa dari pankake durian? Buruan cari di kota kamu, siapa tau suduh ada yang menjualnya di sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar