Rabu, 27 November 2019

makanan khas dari Aceh

Makanan Khas Aceh – Provinsi Aceh berada di ujung kulon Indonesia yang pernah gempar akibat bencana tsunami pada tahun 2004. Tetapi, tragedi yang melanda tidak membuat rakyat Aceh menderita. Sehingga mereka sekarang terus berusaha untuk bangun dan melangkah lebih maju.
Daerah yang terkenal dengan sebutan serambi mekah ternyata memiliki banyak sekali keindahan alam yang mengagumkan. Tidak hanya pantainya dan pulau-pulau yang indah, ternyata kota serambi mekah ini memiliki banyak makanan atau kuliner asli dari Aceh.
Ingin tau makanan khas Aceh yang bikin ngiler? Berikut adalah makanan khas Aceh yang menarik untuk dibahas.

1. Mie Aceh

Makanan Khas Aceh


Orang Indonesia pasti tidak asing dengan masakan mie. Mie Aceh salah satunya, makanan yang menarik dari Aceh, dapat kita icipi dengan dua cara, yaitu dengan di goreng atau juga dengan kuah.
Untuk masalah rasa pedas atau tidak itu sesuai dengan selera kita masing-masing. Agar tidak bosan , mie aceh dapat di sajikan dengan beberapa variasi lauk mulai dari sejenis seafood atau daging.

2. Sate Matang

Makanan Khas Aceh

ate Matang adalah makanan khas Aceh berisikan daging kambing atau daging sapi yang diungkep dengan bumbu khas Aceh kemudian di bakar. Sate Matang paling sedap dimakan dengan kuah soto yang kaya akan bumbu-bumbu istimewa.

3. Kuah Pliek U

Masakan Aceh

Kuah Pilek U merupakan makan khas yang melambangkan keeratan dan keberagaman, dalam masyarakat Aceh yang tertuang dalam satu kuali, sehingga memunculkan suatu rasa yang tersendiri. Kuah Pilek U merupakan cara penyaluran hasil bumi dari daerah Aceh. Makanan ini wajib Anda santab bila Anda berkunjung ke Aceh.

4. Gulai Kambing

Masakan Khas Aceh
Masakan Masam Keu-ueng tidak hanya bisa Anda dapatkan di Aceh saja, tapi hampir seluruh penjuru Indonesia juga ada dengan nama yang tidak sama. Bagi masyarakat Aceh memiliki makna masam pedas yang cocok dengan lidah bangsa Indonesia.


5. Rujak Aceh

Masakan Aceh
Rujak Aceh merupakan makanan khas dengan cita rasa yang berbeda dari rujak yang lain. Rujak Aceh berisikan buah rumbia Aceh yang disiram dengan saus rujak, Rujak Aceh sangat lezat bila dinikmati dalam keadaan dingin ditambah lagi dengan es serut, sangat cocok di makan saat cuaca panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar