Kamis, 28 November 2019

Ruang Lingkup Masakan Indonesia Timur

  • 1.CIRI KHAS MAKANAN INDONESIA TIMUR : Sajian yang memiliki dominan rasa gurih. Bumbu dasarnya kuning, Pedas Umumnya orang Barat makan dibagi 3: makan pembuka, makanan Utama, dan makanan penutup, beda kalau orang Timur ketiga-tiganya makanan utama. Makan apa saja yang boleh dimakan dan minum apa saja yang boleh diminum. •Beragam seperti pada ikan bungkus untuk membungkusnya ada sedikit tambahan daun salam  Kebanyakan menggunakan bahan dasar sagu untuk makanan sehari-hari 

  • 2.MAKANAN POKOK INDONESIA adalah negara yang kaya akan etnik, budaya, ras, dan agama. Maka itu, tak mengherankan bila banyak sekali perbedaan antara suatu daerah dan daerah lainnya.Begitu pula dengan makanan yang dikonsumsi, setiap provinsi atau sebuah pulau biasanya memiliki makanan pokok tersendiri.. Makanan pokok orang Indonesia pada umumnya adalah nasi. Nasi berasal dari beras yang berasal dari padi. Masyarakat yang terbiasa mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok yakni penduduk di wilayah Indonesia bagian barat, seperti Pulau Jawa dan Sumatera. Jenis nasi di Indonesia pun berbeda-beda, setiap daerah mempunyai nasi/padi khas masing-masing. Selain nasi, makanan pokok Indonesia yang lain adalah sagu dan jagung yang biasanya dapat ditemui di wilayah bagian timur Indonesia, seperti Irian Jaya yang dominan dengan sagunya dan Sulawesi yang dominan dengan makanan menggunakan jagung 



  • 3. SNACK INDONESIA TIMUR Makanan ringan, camilan, atau kudapan (bahasa Inggris: snack) adalah istilah bagi makanan yang bukan merupakan menu utama (makan pagi, makan siang atau makan malam) :
 a) MARTABAK SAGU Hampir sama dengan martabak manis atau terang bulan, makanan ini juga terbuat dari sagu dan gula merah. Cara memasaknya adalah digoreng.

b) SATE ULAT SAGU Cemilan yang satu ini mungkin cocok bagi kamu pecinta makanan ekstrim, karena makanan ringan yang satu ini benar – benar terbuat dari ulat pohon sagu yang berukuran besar kemudian dibakar tanpa menggunakan bumbu apapun. 

sumber : https://www.slideshare.net/Annisakookie/pola-makanan-indonesia-timur


Tidak ada komentar:

Posting Komentar