Rabu, 27 November 2019

makanan khas makassar

Makassar selalu memiliki daya tarik tersendiri. Bukan hanya karena warga dan destinasi wisatanya yang luar biasa, tapi juga produk olahan kuliner yang disajikan. Alhasil, tidak sedikit yang kemudian menjadi makanan khas Makassar dan akhirnya begitu ikonik. Kalau tidak percaya, sembari berwisata, silakan tanya sejumlah warga lokal mengenai makanan khas Makassar.
Jika kamu tertarik untuk mencicipi makanan khas Makassar, yang terkenal memiliki kekayaan rasa yang luar biasa, aroma yang istimewa dan tampilan yang menarik dan menggoda, langsung saja menuju tempat-tempat ini di Makassar untuk mencobanya. Dijamin nambah!

1. Coto Makassar

Ada yang kurang kalau kamu jalan-jalan ke Sulawesi Selatan tanpa mencoba Coto Makassar. Makanan khas Makassar ini memang memberikan kesan mendalam bagi siapa pun yang pernah menikmatinya. Hidangan ini kaya rempah, yang menjadikan rasanya ‘sangat renyah’ dan akan memberikan kesan mendalam kepada siapa pun pennikmatnya.






Di Makassar, ada beberapa tempat yang direkomendasikan jika kamu tertarik mencoba kuliner ini. Salah satunya, Coto Nusantara dimana kuliner ini disajikan dengan kuah kental dan potongan daging besar, plus ekstra daun bawang dan bawang goreng yang disajikan terpisah. Lokasinya juga masih dekat dengan Pantai Losari, lho!

2. Konro

Makanan khas Makassar ini tidak pas untuk para vegan ataupun vegetarian. Maklum, bahan dasarnya adalah iga dan daging sapi yang direbus bersama kayu manis, air asam jawa dan beragam bahan lain, termasuk kluwak, yang biasa dijadikan bumbu dasar untuk rawon Jawa Timur. Sajian sup kaya rempah ini sangat nikmat dicicipi saat panas.





Ingin cari tempat terbaik menikmati hidangan Konro ini? Konro Karebosi adalah jawabannya. Saking terkenalnya, tidak sedikit selebriti, poltisi dan public figure lain yang terlihat di sini. Itu juga sekaligus menjadi petunjuk buat kamu, untuk bersiap-siap antri karena ramainya pengunjung.

3. Sop Saudara

Sejatinya, makanan khas Makassar ini bukanlah berasal dari Makassar, tapi merupakan kuliner khas Pangkep, Sulawesi Selatan. Namun bagaimana pun juga, yang penting rasanya.





Sop saudara yang populer di Makassar dan bisa kamu coba berada di Jalan Irian. Warung ini buka setiap hari, selama 24 jam dan sudah berdiri sejak 1970an. Sop saudara dengan perpaduan daging sapi berkuah dicampur bihun dan adonan kentang yang sudah digoreng kering, plus paru sapi goreng dengan nasi putih, kamu akan mengetahui alasan mengapa warung ini begitu terkenal di Makassar.


4. Pallubasa

Pallubasa merupakan hidangan yang mirip dengan Coto Makassar, terbuat dari jeroan sapi atau kerbau, dengan semua bahan dimasak dalam waktu yang lama. Yang membedakan dengan Coto Makassar adalah menu pendampingnya. Pallubasa dimakan bersama nasi putih, sementara Coto Makassar dengan ketupat.





Selain hidangan pendampingnya, bumbunya pun sedikit berebeda. Pun demikian dengan tekstur daging yang dihidangkan. Untuk bisa mendapatkan kesan terbaik, Pallubasa Serigala adalah rumah makan yang tepat untuk mencoba hidangan ini.

5. Pallumara

Lebih tertarik untuk menikmati seafood di Makassar, kamu bisa mencoba Palumara, makanan berbahan dasar ikan. Sup berkuah kuning dari bumbu kunyit ini mirip dengan ikan asam manis. Kepala kakap merah menjadi bahan dasarnya, dengan tongkol atau bandeng menjadi pengganti.





Cara terbaik menikmati Palumara adalah dengan nasi hangat, ditemani dengan minumaan dingin. Spot yang paling tepat untuk mendapatkan kesan paling pas adalah di rumah makan Ulu Juku, yang tidak hanya menyajikan Palumara, tapi juga makanan khas Makassar lainnya.Makassar tidak hanya terkenal dengan makanan beratnya. Kue-kue basah di Makassar juga memiliki cita rasa yang maknyus. Salah satunya, Barongko.





Kue berbahan dasar pisang ini manis dan memiliki tekstur lembut. Kue dibuat dalam cetakan khusus dan kemudian dibungkus dengan daun pisang sebelum disajikan. Cara menikmatinya pun bisa sesuai selera, panas mau pun dingin. Di Makassar, tempat terbaik untuk bisa mencicipi kue tradisional ini adalah di MAMA Toko Kue dan Es Krim.

7. Pisang Epe

Makanan khas Makassar dari bahan pisang kepok ini begitu ikonik. Pisang kepok setengah masak dibakar di atas bara api hingga harum, dibelah dan ditekan hingga pipih, kemudian dibakar kembali. Tambahkan topping campuran gula merah dan air daun pandan juga garam, serta durian, jika ada, maka kamu akan mendapatkan camilan dengan rasa istimewa.





Momen paling pas menikmatinya saat sore hingga malam, sementara tempat ideal untuk mencoba dessert Makassar ini adalah di sepanjang pantai Losari. Meski banyak penjual yang menjajakan camilan ini, kualitas rasanya hampir sama, dan enak semua

sumber :https://www.tripzilla.id/makanan-khas-makassar-dan-tempat-untuk-mencobanya/7243

Tidak ada komentar:

Posting Komentar