Rabu, 27 November 2019

Makanan Khas Samarinda

Apakah Anda berencana untuk berlibur dan juga mengunjungi kota Samarinda di akhir pekan Anda? Nah jika demikian halnya, maka tentu saja Anda tidak boleh melewatkan beragam cita rasa kuliner dan juga makanan khas samarinda yang bisa mengisi perut Anda ketika lelah berjalan- jalan dan sekaligus juga bisa Anda jadikan sebagai oleh- oleh khas dari kota Samarinda.
Nah yuk simak beberapa makanan khas samarinda yang sangat disukai oleh kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Samarinda.cekidot ...

Kerupuk Amplang


Nah makanan khas samarinda pertama yang bisa Anda cicipi atau Anda jadikan sebagai cemilan teman perjalanan Anda menyelusuri keindahan kota Samarinda adalah kerupuk amplang.
Kerupuk yang satu ini terbuat dari ikan dengan bentuk yang sangat unik, namun tentu saja soal rasa Anda tidaklah perlu khawatir, karena rasa kerupuk ikan yang satu ini sangat gurih dan rasa ikannya sangat terasa, karena bahan bakunya yang paling dominan adalah ikan yang diberikan dengan sedikit saja campuran tepung.
Kerupuk amplang ini juga saat ini bisa dengan mudah Anda temukan dibeberapa daerah dipulau Jawa, hanya saja jika langsung membelinya dari kota asalnya akan terkesan lebih berbeda.

Lempok Durian


Nah bagi Anda pecinta durian tentu saja Anda juga bisa menikmati atau juga menjadikan makanan khas samarinda yang satu ini sebagai oleh- oleh untuk sanak keluarga Anda. Makanan tersebut adalah lempok durian atau juga dikenal dengan dodol durian.
Sesuai dengan namanya dimana makanan yang satu ini terbuat dari bahan baku berupa durian yang masih segar. Anda bisa menikmatinya dengan secangkir kopi atau teh hangat disore hari. Makanan yang satu ini juga memiliki ketahanan yang lama sehingga sangat cocok dijadikan sebagai oleh- oleh.


Roti Pisang

Apakah Anda sudah pernah menikmati lezat dan juga enaknya roti pisang? Nah jika Anda berkunjung ke kota Samarinda, maka Anda akan menemukan makanan khas samarinda barupa roti pisang. Roti pisang yang satu ini berbeda dengan roti pisang pada umumnya.
Sesuai dengan namanya dimana roti pisang ini menggunakan buah pisang sebagai bahan utama pembuatannya. Buah pisang tersebut dipotong bulat dan juga kecil- kecil dan juga dibentuk bulat pipih. Tahukah Anda jika jenis pisang yang digunakan dalam pembuatan roti pisang ini adalah dengan menggunakan pisang talas atau juga pisang raja.
Selain pisang dimana bahan campuran lainnya juga menggunakan tepung terigu serta santan dan telur yang juga dilengkapi dengan sedikit garam dan gula sebagai penambah rasa manis dan gurih.

Pepes Kepiting


Nah mungkin Anda hanya pernah mencicipi pepes ikan saja, namun tahukah Anda jika di Samarinda ada makanan khas samarinda yang sangat unik dan juga sangat lezat rasanya yaitu pepes kepiting. Jenis kepiting yang digunakan adalah kepiting soka yang dimasak dengan menggunakan bumbu khusus seperti cabai, daun kemangi, serai dan juga rempah- rempah khas Samarinda lainnya.
Uniknya lagi pepes kepiting ini juga akan dibakar setelah dikukus terlebih dahulu sehingga rasanya sangatlah nikmat.

Gapit Pisang

Olahan atau juga makanan khas samarinda lainnya yang terbuat dari bahan dasar pisang adalah gapit pisang. Sesuai dengan namanya dimana pisang tersebut akan dijepit pada saat proses memasaknya.
Adapun pisang yang digunakan dalam pembuatan kuliner yang satu ini adalah pisang sanggar, pisang kapok dan juga pisang kapok. Hanya saja pisang yang digunakan haruslah pisang yang tidak terlalu matang alias pisang setengah matang. Proses pembuatan pisang ini yaitu dengan cara dipanggang.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar